Apa yang bisa dilakukan dan larangan di kroasiaDengan sekitar 1200 pulau, perairan biru dan desa-desa indah yang kaya akan sejarah, Kroasia menarik lebih banyak wisatawan ke pantainya. Bahkan, Kroasia telah menutup tahun 2012 sebagai tujuan wisata yang paling cepat berkembang di Mediterania, dengan peringkat taman nasional yang memikat murni, olahraga petualangan dan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO di kota tua abad pertengahan Dubrovnik. Ada berita yang lebih besar sebelum Kroasia memasuki musim panas 2013 ketika 28 negara anggota UE, dan terutama berita baik untuk turis Amerika, negara akan mempertahankan penggunaan mata uang kuna nasional, yang lebih lunak terhadap dolar AS dibandingkan dengan euro . Saat bepergian di Kroasia hampir mudah, berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk membantu Anda lebih mudah menavigasi berbagai negara tawaran.

A. Jangan takut dengan bus

Tidak seperti negara-negara Eropa lainnya yang menabrak rel adalah pernyataan yang meremehkan, Perjalanan di Kroasia tidak selalu merupakan cara terbaik untuk berkeliling. Meskipun Kereta Api Kroasia, perusahaan kereta api nasional, akan menghubungkan banyak kota, tidak ada layanan di selatan, misalnya, berat perjalanan Split ke Dubrovnik, mungkin tujuan wisata Kroasia paling populer. Hanya ada layanan kereta api terbatas di semenanjung Istrian, perjalanan hotspot di Tuscany utara daripada bukit-bukit kebun anggur dan kebun zaitun. Solusi transportasi yang sama? Naik bus! Perusahaan bus Libertas Dubrovnik berada di bawah 13 bus yang berjalan antara Split dan Dubrovnik setiap hari, dan perjalanan biasanya memakan waktu sekitar empat jam, satu jam lebih banyak daripada jika Anda mengendarai mobil. Untuk perjalanan ke Istria, coba Autotrans perusahaan bus; mereka memiliki garis yang akan membawa Anda dari ibukota Kroasia Zagreb ke kota Romawi kuno Pula, misalnya, 5: 00-02: 00 lebih daripada mengemudi dengan mobil.

B. mengemudi dengan hati-hati (dan jangan berbicara di ponsel Anda)

Sementara bus Kroasia dapat bekerja dengan baik jika Anda ingin lebih bebas, sewa mobil. Semua perusahaan rental utama Avis, Hertz, yang diwakili di Kroasia, dan dapat dijemput di bandara di Zagreb. Biasanya lebih murah untuk memesan secara online, dan sebaiknya memesan jauh-jauh hari jika Anda melakukan perjalanan musim panas – mobil yang jarang ada di bulan-bulan perjalanan populer di bulan Juli dan Agustus. Hampir semua orang Kroasia yang suka bermain judi di situs Depobola mengendarai transmisi manual, jadi jika Anda memilih otomatis, beri tahu perusahaan mobil kapan Anda membuat reservasi. Juga, jangan mengemudi dan berbicara di ponsel Anda – adalah ilegal di Kroasia, dan ketat. Anda dapat mengemudi dengan lisensi dan paspor Anda sendiri hingga 6 bulan, setelah itu Anda akan memerlukan lisensi untuk mengemudi Kroasia. Dan sementara rambu-rambu jalan mudah dibaca di Kroasia, mengemudi terkadang tidak. Pengemudi lokal cenderung menghabiskan banyak uang secara agresif, dan meskipun pemandangan di jalan pantai dari Split ke Dubrvnik adalah jantung, tetap awasi mata Anda di jalan – pagar pada beberapa kurva jepit rambut tidak terlihat menakutkan. Tetapi Anda tidak mengemudi di sisi kanan jalan di Kroasia untuk bersantai.

C. Naik feri dan Piagam Kapal

Jika Anda melihat banyak berenang surgawi di perairan biru jernih, pulau-pulau Kroasia memanggil nama Anda. Sebagian besar penduduk pulau Kroasia memiliki perahu kecil mereka sendiri untuk melakukan perjalanan antara pulau dan pantai – ini adalah cara terbaik untuk berkeliling. feri umum di Kroasia adalah cara umum lain ke pulau hop. Perusahaan feri dengan koneksi terbanyak di Kroasia Jadrolinija; ada juga banyak perusahaan regional kecil yang dapat Anda tanyakan tentang Kantor Nasional pariwisata Kroasia. Perlu diingat bahwa pulau lompat feri komersial bisa sulit untuk direncanakan dan seringkali tidak efektif. Misalnya, feri utara-selatan (Rijeka ke Dubrovnik), hanya berfungsi dua kali seminggu. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, lihat mencarter perahu. Ada banyak bisnis lokal, seperti Charter on Good havr island dalam mode, atau charter Argola di kota tepi laut Trogir, di mana Anda dapat menyewa perahu motor, kapal, atau catamaran.

D. Jangan berjalan di dinding dengan palu godam

Jika Anda berencana untuk bepergian ke Kroasia selama bulan-bulan puncak Juli dan Agustus, Anda mungkin harus membalik beberapa tren untuk menghindari keramaian. Misalnya, pariwisata nomor 1 di Dubrovnik adalah berjalan di atas tembok kota yang terkenal yang membentang lebih dari satu mil di sekitar kota tua. dinding batu yang tersisa, dibangun pada Abad Pertengahan, menara hingga 82 kaki di beberapa tempat dan merupakan titik kebanggaan bagi Kroasia – penerbangan yang pernah berhasil menyerbu para underdog. Tetapi mengambil petunjuk dari penduduk setempat – tinggal jauh dari dinding di tengah hari di musim panas ketika itu bisa sangat panas dan penuh sesak.

Pulau Kroasia

E. Do Watch Your Step

Jika Anda cenderung menjelajah dari jalur yang terpukul, berhati-hatilah terhadap ranjau yang meledak di daerah pedalaman seperti Slavonia Timur, Kabupaten Brodsko-Posavska, Kabupaten Karlovac, daerah di sekitar Zadar dan di daerah-daerah terpencil di danau Taman Nasional Plitvice. Hingga 2 juta ranjau diletakkan selama perang awal 90-an, dan Kroasia harus bebas ranjau hingga 2019. Tambang ini tidak ada di turis dan kemungkinan bahwa orang asing akan mengunjungi banyak tempat ini sangat tipis. Namun demikian, ratusan orang terbunuh oleh ranjau di Kroasia sejak akhir perang; jika Anda bepergian di wilayah ini, tinggal di jalan tumbuh dan memberikan tanda peringatan dengan simbol internasional dari tambang – tengkorak dan tulang bersilang di dalam segitiga terbalik merah.

F. Ingatlah Santo Pelindung

Menurut sensus besar terakhir, hampir 90% Kroasia adalah Katolik. Jadi perlu diingat bahwa setiap desa dan kota memiliki santo pelindung yang hari perayaannya dirayakan dengan prosesi dan upacara dan mungkin liburan. Kroasia secara khusus ditujukan kepada Perawan Maria, mereka menyebutnya “Nyonya.” Mengawasi sebuah kuil kecil yang dibangun di sekitar pedesaan untuk menghormatinya.

G. Jangan Menyebutnya Yugoslavia

Kroasia telah lama memerangi pasukan pemerintah yang diserang dan di luar Hungaria, Habsburg, Ottoman, Venesia, Serbia, dan Yugoslavia. Negara itu baru saja memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991, dan tak lama setelah itu disajikan untuk menghancurkan perang Bosnia pada awal 90. Sekarang Kroasia benar-benar bebas, dengan rasa kebanggaan nasional yang diperoleh dengan baik. Karena itu, hindari menelepon Yugoslavia.

F. Do Call It Croatia

Ahli bahasa mengatakan bahwa Serbia Kroasia hampir identik, kecuali bahwa Kroasia ditulis dalam alfabet Romawi, sedangkan Serbia ditulis dalam bahasa Cyrillic. Namun demikian, selalu menyebut bahasa mereka “Kroasia” dan bukannya “Serbo-Kroasia” karena kadang-kadang disebut salah di masa lalu; dibandingkan dengan apa yang Serbia masih bisa menjadi subjek sensitif.