Tips Terbaik untuk Tinggal di Kroasia sebagai Expat

Tinggal di Kroasia sebagai ekspatriat adalah pengalaman seumur hidup yang luar biasa. Anda dapat mencoba bekerja di situs spadegaming slot untuk tinggal di kroasia karena situs tersebut mempunyai cabang di negara Kroasia.

Dengan laut yang berkilauan, kota-kota bersejarah, makanan yang luar biasa, dan gaya hidup yang patut ditiru, Kroasia menjadi pilihan tepat bagi siapa pun yang ingin merasakan kehidupan di Mediterania.

Setelah hampir tujuh tahun tinggal di Kroasia, saya mendapatkan pemahaman yang cukup baik tentang kehidupan di sini. Dalam posting ini, saya akan membagikan detail tentang bagaimana rasanya tinggal di Kroasia, dan apa yang diharapkan ekspatriat ketika pindah ke sini.

Saya awalnya memutuskan untuk pindah ke Kroasia untuk menyelesaikan gelar saya. Rencana saya saat itu adalah untuk tinggal selama program, yang hanya satu tahun. Namun, saya dengan cepat jatuh cinta dengan negara dan gaya hidup, dan tidak bisa lagi melihat diri saya kembali ke AS!

Seperti halnya semua negara, Kroasia memiliki pro dan kontra dalam hal kehidupan ekspatriat. Saya senang berbagi hal-hal terbaik dan tidak begitu hebat tentang tinggal di Kroasia sehingga Anda dapat memutuskan apakah pindah itu tepat untuk Anda.

  • Tips untuk Tinggal di Kroasia sebagai Expat
  • Kelebihan Tinggal di Kroasia
  • Hidup itu Dingin
  • Satu perbedaan utama antara Kroasia dan banyak negara Barat lainnya, dan mungkin kelebihan terbesar hidup di Kroasia, adalah cara hidup yang santai.

Orang Kroasia sangat menghargai waktu luang pribadi mereka dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Anda akan segera menyadari bahwa di Kroasia, selalu ada waktu untuk menikmati secangkir kopi segar, tidak peduli jam berapa sekarang.

Biaya Hidup Terjangkau

Biaya hidup di Kroasia relatif terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Eropa Barat.

Tergantung di mana Anda memilih untuk tinggal di Kroasia, biaya sewa akan bervariasi.

Di Zagreb, harga apartemen satu kamar di pusat kota di gedung yang lebih tua akan membuat Anda sekitar 600 EUR per bulan.

Namun, di luar pusat kota, Anda dapat menemukan pilihan yang lebih terjangkau. Semakin jauh Anda pergi dari pusat kota, semakin rendah harga yang dapat Anda bayar.

Sejauh tinggal di kota-kota kecil dan daerah pedesaan, Anda dapat mengharapkan harga yang jauh lebih rendah daripada di Zagreb.

Sewa pasti akan menjadi pengeluaran bulanan tertinggi Anda saat tinggal di Kroasia.

Untungnya, utilitas, internet, layanan telepon seluler, dan bahan makanan semuanya sangat terjangkau.

Dengan berbelanja di pasar petani setempat (buka setiap hari di sebagian besar kota), Anda dapat membeli bahan-bahan segar untuk membuat makanan lengkap untuk dua orang dengan harga sekitar $10,00.

Iklim dan cuaca

Iklim Kroasia adalah perpaduan antara pesisir dan kontinental.

Pantai Dalmatian menawarkan iklim Mediterania yang menampilkan hari-hari musim panas yang panas dan kering serta musim dingin yang sejuk. Kroasia tengah dan timur mengalami iklim kontinental dengan musim panas yang panas dan hari-hari musim dingin yang dingin dan berkabut.

Meskipun suhunya lebih rendah, musim dingin di Zagreb masih cukup nyaman dengan hanya sedikit salju.

Lokasi di Eropa

Bagi mereka yang ingin menjelajahi negara-negara lain di Eropa, Kroasia bisa menjadi home base yang sangat baik.

Kedekatannya dengan Eropa tengah dan koneksi yang baik ke tujuan Eropa populer lainnya menjadikannya pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin bepergian.

Banyak negara termasuk Italia, Slovenia, Austria, Hongaria, Serbia, dan Bosnia & Herzegovina semuanya dapat dengan mudah dicapai dengan mobil hanya dalam beberapa jam.

Kroasia juga menawarkan maskapai penerbangan murah dan transportasi bus hemat ke kota-kota besar di seluruh benua Eropa.

Cantik alami

Kroasia menawarkan lebih dari 1.200 pulau yang indah dan beragam, sementara 10% dari tanah negara itu ditutupi taman nasional.

Menggabungkannya dengan garis pantai yang berkilauan, dan jalur hiking dan bersepeda tanpa akhir, Kroasia adalah surga bagi pecinta alam.

Keamanan

Kroasia adalah negara yang sangat aman, mungkin salah satu negara teraman di dunia. Sebagai seorang ekspatriat, Anda akan merasa benar-benar aman berjalan-jalan kapan saja, siang atau malam, tidak peduli apakah Anda berada di kota, kota kecil, atau di pedesaan.

Kontra Tinggal di Kroasia

dokumen
Ketika di Kroasia, mungkin sulit untuk menyelesaikan sesuatu. Seringkali, tugas sederhana yang memerlukan dokumen pemerintah dapat dengan mudah berubah menjadi proses panjang yang melibatkan banyak dokumen dan (tampaknya tidak perlu).

Pastikan untuk meminta bantuan teman atau profesional lokal yang dapat membantu memandu Anda melalui proses tersebut.

Kenyamanan

Jika Anda berasal dari negara seperti AS atau Kanada, Anda kemungkinan besar akan terbiasa dengan tingkat kenyamanan tertentu seperti pengiriman Amazon pada hari yang sama, toko 24 jam, atau berbagai pilihan dalam hal makanan dan produk.

Belanja online di Kroasia masih berkembang, jadi pemesanan online tidak selalu memungkinkan, dan jika ya, pengiriman mungkin memakan waktu cukup lama.

Kroasia juga tidak memiliki banyak toko 24 jam, dan banyak toko tutup pada hari Minggu. Ini bisa menjadi ketidaknyamanan kecil jika Anda tidak mempersiapkannya terlebih dahulu.

Ini tidak selalu merupakan pemecah kesepakatan, tetapi itu adalah beberapa hal yang harus Anda biasakan saat tinggal di Kroasia.

Bahasa

Belajar bahasa Kroasia dapat menjadi tantangan karena ada banyak perbedaan linguistik jika dibandingkan dengan bahasa Inggris.

Untungnya, banyak penduduk setempat yang akrab dengan bahasa Inggris berkat pariwisata, dan sebagian besar generasi muda mulai belajar bahasa Inggris di sekolah sejak kelas satu.

Seharusnya relatif mudah untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, namun, penduduk setempat sangat menghargainya ketika orang asing mencoba setidaknya belajar beberapa kata dalam bahasa Kroasia.

Tips Terbaik untuk Pindah ke Kroasia

Teliti Visa Anda
Ketika datang ke Kroasia, Anda perlu mempertimbangkan jumlah waktu yang Anda rencanakan untuk tinggal di negara tersebut.

Tergantung pada negara tempat Anda memegang paspor, Anda akan memenuhi syarat untuk mendapatkan visa yang memungkinkan Anda untuk tinggal di Kroasia selama 30 atau 90 hari.

Jika Anda berencana untuk tinggal lebih lama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengajukan Visa Digital Nomad, yang sebenarnya adalah izin tinggal.

Ini adalah sesuatu yang baru-baru ini diumumkan oleh Kroasia, yang seharusnya membuat tinggal di Kroasia untuk waktu yang lama menjadi lebih mudah. Visa baru ini memungkinkan orang asing untuk tinggal di negara itu hingga satu tahun.

Temukan Akomodasi Anda Terlebih Dahulu

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda berencana untuk pindah ke Kroasia, Anda harus mempertimbangkan akomodasi Anda terlebih dahulu.

Ini sangat penting jika Anda berencana untuk tiba selama musim panas ketika pariwisata berada pada titik tertinggi sepanjang waktu, dan sebagian besar unit tidak akan tersedia.

Pelajari Dasar-dasarnya

Seperti disebutkan sebelumnya, mengetahui sedikit bahasa Kroasia sangat membantu. Dengan mempelajari beberapa dasar, Anda akan dapat lebih mudah menavigasi situasi sehari-hari dan penduduk setempat akan menghargai usaha Anda.

Tempat Terbaik untuk Tinggal di Kroasia

Bagi mereka yang mempertimbangkan untuk pindah ke Kroasia dan mencari komunitas ekspatriat yang berkembang, maka Zagreb dan Split adalah tempat terbaik untuk tinggal.

Inilah yang dapat Anda harapkan dari setiap kota:

Zagreb

Tempat terbaik untuk tinggal di Kroasia sebagai ekspat sejauh kenyamanan, hiburan sepanjang tahun, dan koneksi ke seluruh Eropa pergi, pasti Zagreb.

Dengan populasi sekitar 400.000 orang, Zagreb adalah kota terbesar dan tersibuk di Kroasia.

Salah satu alasan saya secara pribadi memilih untuk tinggal di Zagreb adalah karena Zagreb adalah kota yang memiliki segalanya. Ini adalah perpaduan sempurna antara gaya hidup Kroasia yang santai dengan fasilitas modern.

Zagreb adalah kota yang ramai dengan aktivitas dan acara sepanjang tahun. Segalanya sedikit melambat di musim panas karena banyak penduduk setempat berduyun-duyun ke pantai Dalmatian untuk menikmati laut dan sinar matahari, tetapi masih ada banyak hal yang harus dilakukan di kota.

Salah satu hal terbaik tentang tinggal di Zagreb adalah budaya kafe yang semarak. Meskipun Anda akan menemukan ini di seluruh Kroasia, Zagreb menawarkan beberapa kafe terbaik yang dapat dinikmati sepanjang tahun.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang Kroasia sangat menikmati waktu luangnya, sehingga Anda akan jarang melihat seseorang mengerjakan laptop di kafe. Kafe sebagian besar disediakan untuk bersosialisasi dan menikmati waktu libur kerja.

Membelah

Pilihan bagus lainnya untuk ekspatriat yang ingin pindah ke Kroasia adalah kota Split.

Ini adalah kota terbesar kedua di Kroasia dengan hanya di bawah 200.000 penduduk.

Kota tepi pantai yang indah ini adalah apa yang mungkin Anda bayangkan ketika Anda membayangkan tinggal di Mediterania – sebuah kota abad pertengahan yang menakjubkan yang dibangun di dalam istana kuno, jalan-jalan batu yang berkilauan, dan bangunan-bangunan batu yang menakjubkan, semuanya terletak di samping Laut Adriatik.

Split adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menikmati cuaca yang luar biasa, namun tetap memiliki akses ke fasilitas barat seperti pusat perbelanjaan besar, bioskop, dll.

Satu hal yang perlu diingat ketika memutuskan apakah akan tinggal di Split atau tidak adalah kenyataan bahwa kota ini sedikit melambat ketika musim panas berakhir dan para turis kembali ke rumah. Ini sama di sebagian besar pantai Dalmatian serta di pulau-pulau.

Tentu saja, ada banyak pilihan lain untuk dipertimbangkan jika Anda mencari gaya hidup yang lebih lambat atau tidak perlu memiliki komunitas ekspatriat yang besar di dekatnya.

Beberapa tempat indah yang mungkin menarik bagi Anda antara lain Samobor, Istria, Zadar, dan Dubrovnik.